Peran Tugas Dan Pedoman Wasit Turnamen Voli Ball Dandim Cup 2023

Dalam event turnamen bola voli Dandim Cup 2023 di Kabupaten Sampang yang di di adakan oleh Kodim 0828/Sampang Pertandingan dalam permainan bola voli tidak bisa berjalan tanpa adanya wasit. Keberadaannya sangatlah penting karena ia adalah pemimpin pertandingan.Selain itu, wasit juga memegang peranan sebagai penegak keadilan di lapangan agar permainan berjalan dengan adil dan lancar.Ia memiliki hak penuh untuk menjatuhkan sanksi kepada para pemain yang melakukan kesalahan dan kecurangan.

Adapun jumlah wasit dalam bola voli ini diisi oleh dua orang Namun demikian, masing-masing memiliki tugas yang berlainan.Wasit memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan hukum permainan sehubungan dengan dibantu oleh pendapat asisten wasit, dalam Menegakkan peraturan yang sudah ditetapkan induk organisasi bola voli PBVSI.

Pedoman Umum Perwasitan Bola voli Memimpin suatu pertandingan agar dapat berjalan lancar tanpa mengalami gangguan apapun, Dapat menafsirkan peraturan dengan tepat dan selalu konsisten dalam mengambil keputusan.

Harus adil dan objektif – sesuai peraturan yang sudah disahkan PBVSI Putusan tidak berdasarkan ramalan atau prasangka, tetapi merupakan kejadian yang nyata atau fakta benar-benar nyata terlihat wasit.

Tempat sedekat mungkin dan lebih tinggi dari net. Posisi dapat mengamati medan dan seluruh pemain dengan baik dan jelasMeningkatkan, keterampilan, kemampuan dan pengetahuan tentang perwasitan bola voli, menyebarluaskan peraturan pertandingan di masyarakat, meningkatkan mutu perwasitan di masyarakat khususnya di Indonesia pada umumnya.