Serma Bahrudin Beraksi: Pemupukan Tanaman Padi di Desa Banyusokah Demi Ketahanan Pangan

Ketapang, 16 Mei 2024 — Babinsa Koramil 0828/07 Ketapang, Serma Bahrudin, menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap ketahanan pangan dengan terjun langsung membantu warga dalam kegiatan pemupukan tanaman padi di Desa Banyusokah, Kecamatan Ketapang Sampang, Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya TNI AD untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.Pemupukan melibatkan petani setempat dan disambut dengan antusias oleh masyarakat. Serma Bahrudin bersama warga secara gotong royong melakukan pemupukan pada lahan persawahan yang luasnya mencapai 10 hektar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi, yang merupakan komoditas utama penduduk desa tersebut.

“Dengan adanya pemupukan yang tepat dan teratur, diharapkan hasil panen padi di Desa Banyusokah dapat meningkat, sehingga mampu mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Serma Bahrudin.Selain itu, Serma Bahrudin juga memberikan sosialisasi mengenai teknik pemupukan yang benar dan pentingnya penggunaan pupuk organik untuk menjaga kesuburan tanah dalam jangka panjang. Hal ini sejalan dengan visi TNI AD untuk tidak hanya memberikan bantuan fisik, tetapi juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa Banyusokah, Bapak Suharto, yang menyatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil Ketapang atas bantuannya. Kehadiran TNI di tengah-tengah kami memberikan semangat dan motivasi bagi para petani untuk terus berusaha meningkatkan hasil pertanian mereka.”

Partisipasi aktif Babinsa dalam kegiatan pertanian seperti ini merupakan salah satu wujud nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam upaya memperkuat ketahanan pangan nasional. Ke depan, diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Ketapang.