Gernas Hanpangan Serentak Sukses, Kodim Sampang Vidcon Dengan Wakil Presiden RI dan Panglima TNI

Dandim 0828/Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto S.E., M.Han di wakili Kasdim 0828/Sampang Mayor Inf A.Djailani bersama Forkopimcam Kec. Sampang dan Dinas pertanian Sampang, kelompok tani serta masyarakat kec. Sampang Bupati mengikuti Kegiatan Video Converence (Vidcon) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) Jajaran TNI Tahun 2023 dengan Wakil Presiden RI di Desa Gunung Maddah Kecamatan Sampang Kab. Sampang.

Dalam sambutannya saat kegiatan Video Converence (Vidcon) Gerakan Nasional Hanpangan jajaran TNI, Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Bapak Panglima TNI meminta TNI harus peka terhadap situasi dunia yang tengah dilanda krisis pangan.Menurut orang nomor 2 di Republik Indonesia, kepekaan itu harus dimiliki oleh TNI karena persoalan pangan dapat mempengaruhi stabilitas bangsa Indonesia.

“Saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut, sangat penting dan penentu stabilitas bangsa,” kata Wakil Presiden.

Di sisi lain tempat yang sama Bapak Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI dalam sambutanya menyampaikan” Program penanaman serentak yang dilakukan oleh kelompok tani, pemerintah an setempat dan TNI telah digelar terlaksana dan berjalan dengan lancar, Jadi kedepannya semoga makin sukses dan dapat terlaksana secara rutin sesuai dengan keinginan semua masyarakat kelompok tani.

Program ini bertujuan membantu meningkatkan program pemerintah daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, Jangan Sampai ada Lahan tidur dan tidak produktif yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan demi mengurangi pembukaan lahan baru yang dapat membantu mencapai target dan tetap selalu bekerja sama agar dapat menciptakan kondisi ketahanan pangan dengan baik di daerah tersebut.Terus Tingkatkan ketahanan pangan ini dengan baik, dan semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat setempat termasuk perekonomian masyarakat , Pemberian Bantuan Yang Diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin kepada perwakilan masyarakat setempat.

Kemudian Kasdim 0828/Sampang mengatakan hari ini, adalah pelaksanaan Kegiatan Vidcon Gerakan Nasional Hanpangan jajaran TNI Tahun 2023 terdapat 384 titik seluruh Indonesia yang terlibat dalam pelaksanaan Vidcon serentak, salah satunya di Kecamatan Sampang.

Semuanya sudah kerahkan untuk membantu ketahanan pangan, membantu lahan yang kosong untuk kita bangun, kata Kasdim.Lebih lanjut dikatakannya bahwa peran TNI khususnya Babinsa sangat penting dalam rangka mensukseskan program TNI AD dan pemerintah dibidang Hanpangan, ucap Kasdim.“Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal – hal yang berkaitan dengan pertanian,” ujarnya.Selanjutnya dari Dinas Pertanian Sampang” mengatakan Kegiatan sejenis ini harus terus kita laksanakan, tidak hanya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, akan tetapi juga bentuk tanpa henti kita dalam memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Sampang menaruh perhatian penting terhadap ¬†pentingnya stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi, berbagai upaya telah dilakukan, namun demikian masih terdapat beberapa indikator yang sulit untuk di penuhi, jelasnya.“Hanpangan di bidang pertanian ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan swasembada pangan yang optimal di wilayah binaan dan berpengaruh juga untuk menurunkan Inflasi.

Keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif  bagi kehidupan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakatpun akan terpenuhi serta kesejahteraan masyarakat akan dirasakan.Tampak hadir Pa Staf Kodim 0828/Sampang, Kapten Inf M.Suni Danramil 01/Sampang, Akp Tomo S, Pd. Kapolsek Sampang, Dinas Pertanian Kab. Sampang, Dinas Peternakan Kab. Sampang, Masyarakat PokTan Anggota Kodim 0828/Sampang Diskominfo Kab. Sampang.