Danrem 084/BJ Melakukan Peninjauan Ke Posko TNI Manunggal Membangun Desa ke 117 Kab. Sampang

Kodim 0828/Sampang TNI AD terus berupaya membantu pemerintah Kab. Sampang dalam pemerataan pembangunan di wilayah perkotaan, hal tersebut juga dilakukan dalam rangka memberdayakan potensi wilayah untuk menjadi kekuatan pertahanan negara.

Berbagai metode dilakukan untuk mewujudkan sasaran Binter, salah satunya adalah Bakti TNI, yang mana kegiatannya melalui operasi bakti dan karya bakti.

Implementasi metode Bakti TNI bisa dilihat melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang selama ini berjalan dan telah memberikan manfaat pada aspek pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat serta memberikan manfaat untuk kepentingan pertahanan.

Dalam kegiatannya Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemda, serta lapisan masyarakat, karena kegiatan ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah, terhadap masyarakat yang kurang mampu.

Dengan program ini, akan mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakat untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga bisa mengatasi kesulitan yang terjadi.

Oleh karena itu, peran dan kerjasama yang erat dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat, serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci penentu keberhasilan dan kelancaran penyelenggara TMMD.

Adapun Tema yang diangkat adalah “sinergitas lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat”. Waktu pelaksanaan selama 30 hari mulai 12 Juli – 10 Agustus 2023. Adapun personel yang dilibatkan, meliputi TNI, Polri dan instansi terkait, serta masyarakat di sekitar sasaran TMMD.

Pelaksanaan kegiatan TMMD tersebut turut mendapatkan perhatian dari Danrem 084/BJ, dengan cara mengunjungi lokasi kegiatan TMMD pada Rabu (12/07/2023)

Dilokasi kegiatan Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M. melakukan peninjauan ke posko TMMD 117, yang di terima oleh Kapten Inf Darminto selaku Plh Pasiter Kodim 0828/Sampang.

Dalam paparannya Dandim 0828/Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto S.E., M.Han menjelaskan rencana pelaksanaan TMMD ke 117 TA. 2023 di desa Pasarenan, kec. Kedungdung, kab. Sampang yang pelaksanaanya tanggal 12 Juli s.d. 10 Agustus 2023.

Menurut Dandim, sasaran TMMD dibagi dua, yakni sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik yang akan dikerjakan adalah pembangunan jalan beton, pembangunan ruang guru SDN Pasarenan 2 dan rehab RUTILAHU 10 unit dan jamban. Sedangkan sasaran non fisik yaitu penyuluhan Stunting, Narkoba, Wasbang, UMKM, Pertanian,”Tutup Dandim.

Kegiatan kerja TMMD ini selain untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, sekaligus sebagai sarana untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh.

Tinggalkan komentar